Safar Dalam Islam

Ringkasan dari buku Pedoman Safar, doa bepergian, tuntunan shalat jama' dan qashar, serta adab-adab safar.

‎1. Definisi SAFAR : perjalanan dalam sehari semalam, sejauh 2 marhalah, jaraknya sekitar 80 KM atau lebih. Ketika bepergian harus membawa bekal, pakaian ganti dan perlengkapan lainnya, sejarak itu, juga disebut Safar.

Seorang MUSAFIR hanya boleh mengQashar shalat setelah ia berada di luar kampungnya. Rasulullah SAW tidak mengQashar shalat, kecuali setelah di luar Madinah.

2. Sholat yg dpt diJama' dan diQashar.
Nabi SAW melaksanakan shalat Zhuhur 2 rakaat, Ashar 2 rakaat, 'Isya 2 rakaat, di dalam safarnya, hingga beliau kembali. Adapun Maghrib, Beliau SAW melaksanakan 3 rakaat, baik ketika Safar maupun Muqim. Demikian juga sholat Shubuh, Beliau SAW menyempurnakan 2 rakaat.



‎3. Sholat Sunnah Rawatib
Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan sholat sunnah 2 rakaat sebelum Shubuh. Adapun sholat sunnah rawatib Zhuhur, Ashar, Maghrib, 'Isya, beliau SAW tinggalkan.

Nabi SAW tetap melakukan Tahajjud di malam hari dan Witir. Demikian pula sholat sunnah mutlak dan memiliki sebab, seperti, Dhuha, sunnah Wudhu, sunnah Gerhana, Tahiyyatul Masjid, dan sujud Tilawah.

4. Nabi SAW bermuqim (tinggal menetap) ketika haji Wada' selama 4 hari, dan beliau mengQashar shalat. Di hari kelima beliau berangkat ke Mina dan 'Arafah. Riwayat tsb menunjukkan bolehnya mengQashar bagi orang yg berniat muqim (tinggal menetap) dalam safarnya sebanyak 4 hari atau kurang dari itu.

5. Ketika Rasulullah SAW tinggal menetap selama 19 hari ketika pembebasan kota Mekkah, dan 20 hari ketika perang Tabuk, maka perlu dipahami bahwa Beliau SAW tidak berniat untuk bermuqim, krn TIDAK TAHU kapan perang berakhir. Namun jika kita berniat untuk bermuqim (tinggal menetap) selama lebih dari 4 hari, maka wajib menyempurnakan rakaat shalat.

‎6. Jika seorang Musafir menjadi imam maka ia melaksanakan shalat 2 rakaat, lalu ia salam, sedangkan para makmum yg muqim harus menyempurnakan shalat mereka menjadi 4 rakaat.

7. Jika Musafir menjadi makmum di belakang imam yg muqim, maka ia wajib menyempurnakan rakaat shalat bersama imam. Dan jika si makmum musafir ini berniat utk menjama' maka ia boleh langsung shalat Ashar diQashar.



‎8. Orang yang rutin mengadakan perjalanan, seperti driver/nahkoda/pilot, adalah termasuk Musafir, boleh mengQashar dan menjama' shalat.

9. Keluarga yang nomaden, yang sering berpindah-pindah, tanpa niat bermuqim (tinggal menetap) adalah termasuk Musafir.

10. Musafir (orang yg melakukan perjalanan jarak 80 KM atau lebih) mendapat keringanan : 1)mengusap 2 khuf* selama 3 hari 3 malam. 2)mengQashar shalat 4 rakaat mjd 2 rakaat. 3)menjama' sholat Zhuhur & Ashar, menjama' Maghrib & 'Isya'. 4)berbuka pd bln Ramadhan.

*syarat ketentuan fiqh berlaku.

11. Ketika rombongan musafir melalui sebuah masjid, yang paling afdhol adalah, melakukan shalat berjamaah secara terpisah khusus rombongan musafir, dilakukan dengan mengQashar, sesuai Sunnah. Jika mau sekalian menjama' maka segeralah langsung melakukan shalat berikutnya setelah membaca istighfar 3x

12. Menjama' shalat Maghrib dan 'isya' bagi Musafir, caranya : Shalat Maghrib sempurna 3 rakaat (tidak boleh diQashar) dan 'isya' 2 rakaat (diQashar). Jika ia berangkat sebelum tiba waktu Zhuhur, maka ia boleh mengakhirkan Zhuhur di waktu Ashar (jama' ta'khir). Jika berangkat setelah Zhuhur maka lakukan shalat Ashar di waktu Zhuhur (jama' taqdim). Demikian juga untuk Maghrib & 'isya' .

13. Jika musafir berangkat setelah waktu shalat Zhuhur, sebelum waktu 'Ashar, maka ia tidak boleh menjama' Zhuhur dan 'Ashar kecuali jika ia telah keluar dari daerah tempat tinggalnya dan dapat dikatakan telah berada dalam perjalanannya. Rasulullah SAW ketika akan haji Wada' beliau shalat Zhuhur 4 rakaat di Madinah. Kemudian setelah keluar Madinah dan sampai Dzulhulaifah (miqatnya orang Madinah) maka beliau shalat 'Ashar 2 rakaat.

14. Menjama' dua waktu shalat tidak dibolehkan, kecuali ada 'udzur syar'i, seperti safar, sakit, hujan yg membuat basah kuyup dan menyebabkan beberapa kesulitan seperti adanya lumpur. Jadi ketika turun hujan boleh menjama' shalat Maghrib & 'Isya, atau Zhuhur & 'Ashar, syaratnya adalah turun hujan, jalanan licin berlumpur, banjir, DAN menyulitkan untuk keluar menuju masjid. Yang dibolehkan hanya menjama' saja. Sedangkan Qashar itu keringanan untuk orang yang safar saja.

15. Seorang musafir hanya boleh menjama' shalat Zhuhur dengan 'Ashar di salah satu waktunya, dengan catatan sebelum matahari menguning. Boleh juga menjama' Maghrib dan 'isya' di salah satu waktunya, dengan syarat sebelum midnight. Adapun shalat Subuh wajib dilakukan tepat pada waktunya, sebelum matahari terbit.

16. Shalat Jumat tidak boleh gabung 'Ashar. Musafir harus shalat 'Ashar pada waktunya. Namun jika Musafir tidak shalat Zhuhur dan tidak shalat Jumat bersama masyarakat, maka boleh saja ia menjama' Zhuhur dengan 'Ashar. Musafir tidak wajib shalat Jumat.

Dalam safarnya Rasulullah SAW menjama' Zhuhur dan 'Ashar ketika haji Wada'. Ketika hari 'Arafah, beliau shalat dengan 1x adzan dan 2 iqamat, melaksanakan Zhuhur dan 'Ashar dijama'. Waktu itu hari Jumat namun beliau tidak melakukan shalat Jumat.

Jika Musafir telah shalat Jumat dan menjama'nya dengan 'Ashar maka ia wajib mengulangi kembali shalat 'Ashar ketika waktu 'Ashar tiba.

Lebih lengkap lagi ceritanya, baca niiih bukunya :)

No comments:

Post a Comment